Tetaplah Seperti Itu Indonesiaku, Kulinermu Lezat Tiada Duanya

Gbr. Mi Goreng




Hi, apa kabar, kali ini tulisan dibuat berdasar inspirasi dari blog travel luar negeri yang sedang membahas indonesia, dan terlebih khusus lagi, membahas kulinernya!, bayangkan melihat gambarnya saja, lidah sudah berkecap-kecap, apalagi menikmatinya, benar-benar amazing indonesia kita ini.

Sejarah dan masuknya orang asing ke indonesia, hasil percampuran dan akulturasi budaya banyak memberi warna dan bumbu-bumbu eksotis, dan orang indonesia jaman dahulu kala pandai meracik bumbu mana saja yang cocok di lidah orang indonesia.

Kekuatan kuliner indonesia berasal dari penambahan rempah-rempah, cabai merah, cabai rawit cabenya orang indonesia, santan, gula merah atau pun asam, kedalam setiap masakan yang membuat cita rasa kuliner sangat berkarakter indonesia banget.

Tidak semua masakan dari orang lain atau bangsa asing bisa langsung menyatu dengan rasa dan jiwa orang indonesia, karena itu nenek moyang bangsa indonesia mencari alternatif lain untuk mencari bahan yang kiranya tumbuh di indonesia, kiranya tumbuh-tumbuhan dan sayuran tumbuh subur di tanah dan bumi indonesia, dan melengkapi anatomi bangsa indonesia agar tercipta rasa yang tetap terjaga rasa dan bumbunya dari generasi ke generasi.

Tentunya, tidak banyak perbedaan mencolok antara masakan dari sabang sampai tanah merauke, contohnya adalah santan kelapa tetap menjadi simbol tidak terpisahkan dari seluruh cita rasa kuliner nusantara.

Santan dan Sambel, seperti simbol bangsa indonesia merah putih, berpadu menjadi satu, diracik oleh tangan-tangan eksotis dan senantiasa dijaga oleh nilai-nilai luhur nenek moyang kita.

Sekarang, kuliner indonesia bertransformasi menjadi kuliner kekinian yang ternyata dicintai dan diburu oleh penikmat kuliner dari berbagai negara di dunia.

Saya bangga bangsa lain menuliskan kelezatan kuliner indonesia yang katanya didapat dari dusun kecil di daerah indonesia, dahsyatnya perkembangan teknolgi digital memang, betapa kuliner di tempat terpencil pun bisa dikenal oleh orang diluar sana.

Contoh negara dengan pengolahan kuliner terbaik adalah negara perancis, standar tinggi dan cita rasa, mengusungnya menjadi negara terfavorit untuk dikunjungi, nah dari sini kita tahu daya tarik suatu negara bukan saja karena faktor keindahan alamnya semata, tapi daya tarik kulinernya pun tak kalah penting pamornya. 

Dan bukan hanya sekadar urusan perut, cita rasa kuliner yang sudah tertinggal pikiran dihati penikmatnya, membuatnya akan terus dan terus kembali.

Kalau orang lain memuji cita rasa kuliner kita dengan, anda pun jangan sampai kalah, kuliner indonesia wajib dikelola dan diolah sedemikian rupa, pastinya tidak kalah dengan masakan luar, hanya saja warisan turun-temurun harus terus kita jaga, agar kuliner nusantara yang sudah dikenal diluar negeri tidak lari ke tempat lain.