Surat-surat Bongkar Muat yang Wajib Diserahkan kepada Pihak Syahbandar

Gbr. Ilustrasi Surat-menyurat

Hai, apa kabar kalian, semoga dalam keadaan sehat selalu ya, amin. Kali ini kita akan membahas apa sih dokumen atau surat-surat yang diharuskan untuk diserahkan kepada pihak Syahbandar, dalam posisi kita sebagai Perusahaan Bongkar Muat dalam hal ini apabila ada kegiatan bongkar muat?.

 

Dan apa itu INAPORTNET? 


Baik, apabila perusahaan bongkar muat mengadakan kegiatan bongkar muat, kita selaku pengurus operasional wajib, mengeluarkan data-data sebagai berikut :

1. Daftar Buruh;

    - SPKBM; Surat Perintah Kerja Kegiatan BOngkar Muat biasanya berisi :

      - Nama Kegiatan apakah Bongkar atau Muat;

      - Nama Kapal berikut data-data nama kapal, GRT, Isi muatan, 

      - Lama kegiatan bongkar atau muat;

      - Jumlah Gang Buruh.

    - Daftar Buruh; Berisi Data-data Pekerja Bongkar Muat biasanya terdiri 12 Orang untuk masing2  

      Gang.

    - Diketahuai oleh Supervisor Buruh 


2. Daftar Kendaraan;

   - Daftar Kendaraan berisi data-data kendaraan yang digunakan selama kegiatan misal jenis kendaraan      Truk Tronton, Engkel, Tangki, Nomer kendaraan   


3. Daftar Alat Berat;

    - Daftar Alat berat biasanya disesuaikan dengan muatan kapal, kalau curah biasanya menggunakan   

      exavator, Crane kapal bisa juga Crane Darat, Ramdoor.


4. Daftar Alat2 yang dipergunakan selama kegiatan.

    - Bisa Sling, Skop, Cangkul, Jala-jala, Terpal, 


5. Data Kapal, dengan data-data, Nama Kapal, Kebangsaan, GRT, 

 

6. Input Data di INAPORTNET.


Bagaimana cara mengisi data di INAPORTNET?akan saya jelaskan di tutorial berikutnya, itu dia pengetahuan dasar dokumen apa saja yang wajib diserahkan ke pihak syahbandar, agar proses pekerjaan kita tetap berjalan dengan lancar.

 

Mungkin itu dulu tutorial yang bisa saya berikan, apabila ada kekurangan disana-sini mohon dimaafkan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.