Apa Itu Container LCL ?

Gbr. Peti Kemas


Apa Itu Container LCL - Hai, apa kabar? semoga anda semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, penuh kemenangan, dinaungi rezeki berlimpah dan aman sentosa, amin.

 

Mungkin anda yang sudah lama berkecimpung dengan dunia pelabuhan atau yang bersinggungan dengannya pasti mengenal dengan container.

 

Benda kotak yang sering dimanfaatkan sebagai wadah penyimpan, sebagai alat perdagangan, dan juga tempat aman sementara, sebelum dikirimkan ke tempat tujuan.

 

Terkadang, dalam satu wadah atau container itu tidak hanya berisi satu jenis barang, bahkan dalam kebutuhannya container bisa dimuati berbagai jenis barang, atau istilahnya dicombine, yang artinya container tersebut bisa jadi bukan hanya dimiliki oleh satu orang, bisa jadi lebih dari satu pemilik.

 

Sebuah Container tidak serta merta harus dipenuhi hingga sesak, biasanya ada beberapa pihak terkadang kesulitan untuk memenuhi kuota kontainer disamping sewanya mahal dengan adanya LCL ini muatan bisa dihitung berdasar kubikasi dari segi ekonomi kita bisa berhemat kita tidak perlu membayar full untuk sebuah container, karena untuk ruangan tersisa bisa dimanfaatkan, untuk mengatasinya diajak pihak lain untuk bersama-sama mengisi nya. Jadi jauh lebih hemat.

 

Untuk itu Pihak-pihak yang berkepentingan sudah menyediakan sebuah layanan atau kebijakan khusus dengan adanya sebuah terobosan untuk mengatasinya yang dinamakan fasilitas Kontainer LCL atau Less Container Loads atau Kontainer Termuati Lebih Sedikit yang memungkinkan beberapa pihak bisa menempatkan muatannya dalam satu kontainer secara bersama-sama.

 

Secara pengurusan di Custom tidak jauh berbeda pada umumnya hanya, mungkin ada sebuah pemberitahuan khusus bahwa kontainer yang digunakan bertipe LCL.

 

Bagaimana anda sudah paham kan, bahwa satu container tidak hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja, tetapi bisa juga beramai-ramai, karena yang ramai semakin asyik, hehehe.

 

Semoga tutorial ringan ini bisa menambah perbendaharaan kita dibidang cargo, agar pengetahuan kita semakin luas dan bertambah-tambah.

 

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.