Apakah Database itu?



Apakah Database itu? - Database dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap pengguna diberi wewenang sesuai level pengguna, misal seorang administrator bisa mengakses, mengubah, menghapus, dan memperbaiki tabel – tabel tersebut. 

Tabel itu berfungsi untuk menyimpan data, dan merupakan suatu kumpulan data yang berhubungan dengan topik tertentu, misalnya daftar pemasok atau daftar barang. 

Tabel terdiri atas baris yang disebut record dan kolom yang disebut field sehingga apabila dibayangkan dengan sebuah gambar, berikut gambarnya.

Gbr. Diagram Alir Database

Ada berapa istilah yang harus anda tahu pada saat bekerja dengan sebuah tabel database yaitu :
·         Field, merupakan tempat dimana data atapun informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis dimasukkan. Field itu pada umumnya tersimpan dalam bentuk kolom vertikal pada tabel.
·         Record, merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.
Berikut contoh untuk mengetahui Field dan Record

Gbr. Diagram Alir Database Penjualan


Penjelasan :
Gbr. Penjelasan Tabel
Demikian tulisan ringan mengenai database ini saya tuliskan, apabila tulisan mendatangkan manfaat saya hanya mengucapkan syukur kepada tuhan yang maha kuasa. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.