Cara Menghubungkan Database Access Ke Visual Basic Menggunakan Kode Program

Cara Menghubungkan Database Access Ke Visual Basic Menggunakan Kode Program -
Halo apa kabar?saya semua dalam keadaan sehat dan baik – baik saja. Amin. 

Kali ini saya membagikan tulisan mengenai koding untuk menghubungkan database dengan visual basic, saya harap tulisan mengenai Bahasa Query atau SQL sudah anda resapi dan pahami, karena koding ini banyak mengacu dari sana. 

Ok, langsung saja kita kembali ke topik tulisan. Untuk membuka database menggunakan kode program, Anda diharapkan mengikuti langkah – langkah berikut :

1. Mendeklarasikan sebuah variabel database dengan perintah :
    Dim (Nama Variable) As Tipe Object
Contoh :
   Dim Con as ADODB.Connection
   Dim Cari as ADODB.Command
   Dim rsBeli as ADODB.Recordset

2. Setelah anda mendeklarasikan variabelnya, anda harus mempertegas tipe obyeknya menjadi seperti :
Set Con = New ADODB.Connection
Set rsBeli = New ADODB.Recordset

Penjelasan :
-     Set Con = New ADODB.Connection ini deklarasi objek penghubung antara database dengan visual basic yang paling awal kita deklarasikan
-     Set rsBeli = New ADODB.Recordset ini  adalah deklarasi object untuk memanggil atau penghubung field – field di database

3. Setelah anda mendeklrasikan variabel dan juga mengesetnya secara explisit, maka langkah selanjutnya adalah memberikan koding atau perintah untuk menghubungkan Database dengan Visual basic, berikut kodingnya :
a. Untuk Ms Access, koding yang menghubungkan dengan database adalah sebagai berikut :
Format sintaknya sebagai berikut :
Con.ConnectionString.”Provider = (OLEDB Provider);” & “ Persist Security Info = False; Data Source = “ & App. Path & “\Coba.mdb; Mode: Read Write”
            Con.Open

b. Untuk Koneksi ke Database, kita butuh module, biasanya programmer database menggunakan module agar semua form bisa terkoneksi secara otomatis,  tanpa bersusah payah membuat prosedur baru di form. 

Cara menambahkan module, pilih Project di Visual Basic pilih Add Module, untuk lebih jelas saya kasih gambarnya di sini :
Gbr Add Module
Didalam module baru ini, anda buat prosedure Sub Koneksi, diantara Sub Koneksi dan End Sub, copy pastekan kode program dibawah ini. Mungkin jelasnya seperti ini :
Sub Koneksi()
            Con.ConnectionString Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=C:\Program Files (x86)\Microsoft Visual Studio\VB98\BIBLIO.MDB;Persist Security Info=False           
           Con.Open
End Sub

Penjelasan singkat :
    Deklarasi variabel Con; sebagai deklarasi penghubung;
-    Connection String;provider pendukung ms Acces yang saya tahu untuk ms Acces 2003, masih menggunakan Microsoft.OLEDB.Jet.4.0 untuk ms access 2003 ke atas mungkin sudah menggunakan provider OLEDB Provider;
-      Con.Open;diset agar database dalam keadaan terbuka

Akhirnya, selesai juga tutorial ringan untuk sesi kali ini, semoga tulisan saya bisa memudahkan pemahaman anda, karena penyajian yang tidak bertele – tele, sederhana dan mudah dicerna. 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.