Aplikasi VGM (Verified Gross Mass) Dengan VB dan MySQL

Aplikasi VGM (Verified Gross Mass) Dengan VB dan MySQL - Hi, apa kabar. Kali ini saya akan membagikan aplikasi VGM sederhana menggunakan VB dan MySQL. 

Apa itu VGM (Verified Gross Mass), International Maritime Organization (IMO) telah mengamandemen Safety of Life at Sea (SOLAS) Convention (Chapter VI, part A, regulation 2) tentang Verified Gross Mass (VGM). 

Ini menyangkut kelancaran arus ekspor indonesia ke berbagai negara, apabila dalam perjalanan kontainer tidak disertakan dokumen VGM ini maka kontainer akan dilarang masuk atau ditahan di pelabuhan tujuan. 

Seram sekali ya gan.

Maka dari itu VGM adalah wajib dan mulai diterapakn di indonesia sejak 01 Juli 2016, VGM atau verifikasi berat kotor kontainer ekspor ini, yang saya tahu verifikasi ini mengetahui muatan berat kotor dari sebuah kontainer ekspor.

Kesalahan akibat jumlah berat kotor kontainer, bisa berimbas pada stowage plan kapal, yang bisa menyebabkan kapal oleng ke kiri atau ke kanan.

Kalau kapal masih berada di dermaga, dan lalu miring bisa saja kontainer berhamburan ke dermaga, fatalnya kalau kapal oleng ke laut, tentu berimbas pada kontainer - kontainer yang akan terjun bebas ke laut.

Untuk menghindarai hal tersebut, IMO menerapakan regulasi VGM, dengan adanya regulasi ini tidak ada lagi insiden yang tidak diinginkan, spserti kecelakaan pekerja atau alat.

Sebelum kontainer di muat ke kapal ada upaya untuk melakukan timbang muatan, agar diketahui pasti berat kotornya.

Misal, berat kotor yang dilaporkan dalam manifest 20 Ton, setelah ditimbang ternyata berat kotornya mencapai 25 ton terjadi kelebihan 5 ton! kalau jumlah kontainernya lebih dari 100 unit. 

Bisa dibayangkan apabila kontainer tidak ditimbang dulu, apa yang akan terjadi.

Maka VGM inilah diterapkan, agar tidak terjadi kelebihan muatan di stowage palan kapal. Dan terhindar dari insiden yang tidak diinginkan


Aplikasi VGM Sangat Sederhana

Aplikasi VGM ini menggunakan VB, MySQL sebagai databasenya dan Crystal Report untuk laporannnya. 

Berikut tampilan aplikasi VGM 

Dan bentuk laporan VGM sperti dibawah ini :




Penjelasan Nama Kolom - Kolom

Berikut penjelasan dari kolom - kolom di atas :


  1. Shipper Name : nama agen pelayaran atau pemilik kapal
  2. Booking Number : Request kontainer kosong dari shipper kepada depo container yang ditunjuk oleh shipper
  3. Weighing Company : Nama perusahaan pemilik alat timbangan
  4. Weighing Company Address and Contact Detail : Alamat perusahaan pemilik alat timbang dan no telepon atau email bisa dihubungi
  5. Container Number : Kolom yang berisi Merek dan no seri kontainer
  6. Date of Weighting : Tanggal timbang kontainer
  7. Metode Used : Metode yang digunakan. 
  • Metode 1 Berdasarkan kesimpulan dari pengepakan dan pengiriman container, kemungkinan berat shipper, atau telah diatur berat pihak ketiga, kontainer yang telah dikemas
  • Metode 2 Gangguan shipper, percobaan pengaturan pengirim, pihak ketiga, kemungkinan berat semua paket dan persyaratan kargo, termasuk massa palet, berbagai akibat dan kemasan lainnya dan bahan mengamankan untuk dikemas dalam kontainer, dan menambahkan tara massa kontainer
     8. Siganture : tanda tangan elektronik atau nama saja dalam huruf kapital
     9. Signature Company : tanda tangan perusahaan 
     10. Sigantory Company Contact Detail : Tanda tangan kontak
     11. Date : tanggal dikeluarkannya Dokumen VGM ini

Apabila anda tertarik dengan aplikasi ini, silahkan anda download di sini

Itu saja yang bisa sampaikan, kalau ada hal - hal yang ingin anda tanyakan, silahkan tinggalkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih