Cara Membackup Database Mysql Di HeidiSql

Membackup Database Mysql Di HeidiSqlHi, apa kabar kalian ? baik – baik saja dong, syukur Alhamdulillah baiklah kalau begitu. 

Kali ini saya mau membagikan tulisan ringan cara membackup database, terutama di mysql. Untuk membackupnya tidak rumit, simpel dan mudah dikerjakan oleh orang awam seperti saya.

Kenapa HeidiSql?saya rasa semua orang butuh aplikasi pengolah Sql yang mudah dan user friendly. 

Tidak semua orang mau mempelajari hal yang rumit dan membingungkan, saya termasuk orang yang suka kesederhanaan, mungkin jawaban atas pertanyaan itu, ya menggunakan HeidiSql. 

Aplikasi Pengolah Database MySql.

Membackup data adalah pekerjaan yang sangat penting, kalau ada data yang hilang karena PC kena serangan Virus tentu sangat mengerikan sekali. 

Jangan panik, anda hanya perlu rajin membackup, kasih tanggal setiap anda membackup data dan juga jam waktu membackupnya. 

Dan usahakan pake Hardisk Eksternal, atau flashdisk berkapasitas raksasa. 

Bila sewaktu – waktu ada keadaan darurat anda tidak perlu panik, sudah terbackup. 

Data yang kita backup mungkin berukuran kecil, sebagai orang IT, anda dituntut untuk professional daalam pekerjaan.

Untuk kapasitas penyimpanan data dengan jumlah data berukuran giga byte, anda sebaiknya selalu hati – hati, keteledoran dalam urusan keamanan data yang mengakibatkan hilangnya data perusahaan, bisa membuat perusahaan berfikir ulang untuk memperkerjakan anda.

Ok, ikuti langkah – langkah sebagai berikut :

Langkah – langkah Mem-Backup Data
1. Silahkan Buka HeidiSql anda.
2. Setelah terlihat tampilan mirip Windows Explorer, klik kanan databasenya, sebagai contoh Database Surat_Jalan, pilih Export Databse as SQL, akan muncul jendela berikut ini :



Ada 4 tabs yang ada, masing – masing bernama Maintenance, Find Text, SQL Export, dan Bulk Table Editor. Kita tidak sedang membahasnya semuanya, anda cukup memilih tab SQL Export, lalu ada opsi sebagai berikut :
·         Database(s): opsi ini ada 2 yakni, Drop dan Create;sebaiknya anda centang Create;karena begitu ingin recovery data, anda tidak repot – repot membuat
                      database dari awal dan data dapat kembali seperti semula;sudah dalam bentuk kode SQL;
·         Table(s)     : hampir sama dengan opsi Database, hanya saja ini untuk tabel - tabelnya;sebaiknya anda centang;
·         Output       : ada banyak pilihan ada, sebaiknya pilih One Big File, jadi database, tabel, dan datanya jadi satu disitu;atau bisa disebut Query;
·         Filename    : Folder dari direktori, tempat untuk menempatkan hasil backupan anda, beri nama file sesuai dengan nama databasenya;sebagai contoh Surat_Jalan.

4. Setelah selesai, klik Export, tengok difolder tempat anda membackup tadi, sudah ada file bernama Surat_Jalan yang berekstensi Sql. 

Untuk memastikan data – data sudah terbackup, anda silahkan buka dengan Notepad ataupun Wordpad.

Recovery Database 
Untuk mengembalikan data backupan ke Mysql, klik Menu Tools, kemudian pilih Load SQL File, cari file Surat_Jalan yang tadi sudah anda simpan di Direktori. 

Sudah pasti kode – kode SQL dan juga data – datanya akan terlihat di jendela sebelah kanan, klik tanda play berwana biru yang perintahnya Execute SQL atau anda cukup tekan tombol F9. Selesai. 

Aplikasi HeidiSql termasuk aplikasi yang user friendly, walaupun terlihat sederhana, tampilan dan fitur – fitrunya didalamnya termasuk tidak mengecewakan. 

Anda juga bisa mencoba – coba bermain dengan kode – kode Sql, fitur Query memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan perintah Sql sebelum benar – benar diimplementasikan ke dalam aplikasi.

Akhirnya selesai juga tulisan singkat tentang cara membackup database MySql dengan HeidiSql. 

Tulisan ini masih banyak sekali kekurangan disana – sini, terutama kurangnya gambar – gambar yang mendukung, lain waktu, saya akan berusaha memperbaikinya. 

Demikian tulisan ini saya buat, atas perhatiannya diucapkan terim kasih.