Standar Operasional untuk Bongkar Muatan (In Bags) - Hi, apa kabar? Kali ini
saya mau membagikan tulisan singkat mengenai Standar Operasional untuk Bongkar
Muatan dalam bentuk Karungan (In Bags).
Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kapal sandar, khusus untuk Perusahaan Bongkar Muat (PBM).
Apa sajakah yang harus dipersiapakan, yuk kita cari tahu.
Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kapal sandar, khusus untuk Perusahaan Bongkar Muat (PBM).
Apa sajakah yang harus dipersiapakan, yuk kita cari tahu.
Sebelum Kapal Sandar.
Perusahaan
Bongkar Muat sudah terlebih dahulu menyelesaikan perizinan bongkar di KSOP dimana
kapal akan bersandar, serta menyelesaikan administrasi di PT.
Pelindo II dan Koperasi TKBM di Pelabuhan Pembongkaran.
PBM wajib menyiapkan dan menyediakan Sumber Daya Perusahaan dan Sumber Daya Manusia, bisa dilihat pada urutan berikut ini :
Pelindo II dan Koperasi TKBM di Pelabuhan Pembongkaran.
PBM wajib menyiapkan dan menyediakan Sumber Daya Perusahaan dan Sumber Daya Manusia, bisa dilihat pada urutan berikut ini :
1. Buruh / Tenaga kerja
Bongkar Muat.
Buruh
/ Tenaga Kerja Bongkar Muat lengkap dengan alat keselamatan kerja standby/sudah
berada di dermaga minimal 30 menit sebelum kapal sandar.
2. Foreman.
Foreman
harus standby / sudah berada di Dermaga minimal 30 menit sebelum kapal sandar,
untuk berkoordinasi dengan CH.
Officer dan Surveyor tentang perencaan bongkar. Selain itu Foreman mengawasi dan mengatur pembongkaran di Kapal.
Officer dan Surveyor tentang perencaan bongkar. Selain itu Foreman mengawasi dan mengatur pembongkaran di Kapal.
3. Tally
Menyiapkan Tally untuk mengecek dan
menghitung jumlah mobil yang bongkar dari kapal dan pokok kerja seorang Tally
adalah mencatat dan menghitung berapa hasil bongkar dari Truk ke Kapal atau
sebaliknya.
Biasanya menggunakan 2 Tally, Tally di Timbangan, dan Tally Darat, petugas tally yang selalu standby di dermaga.
Biasanya menggunakan 2 Tally, Tally di Timbangan, dan Tally Darat, petugas tally yang selalu standby di dermaga.
4. Gudang
Berkoordinasi dengan gudang untuk
perencanaan Bongkar. Juga perlu koordinasi antara Tally Timbangan, Tally Darat dan
gudang.
5. Peralatan
Peralatan yang perlu untuk dipersiapkan dan
posisi Stand by di dermaga, dan dipersiapkan 30 Menit sebelum kapal sandar.
Peralatan – peralatan yang perlu disiapkan adalah :
Peralatan – peralatan yang perlu disiapkan adalah :
- Jala - jala lambung untuk menahan muatan agar tidak terjatuh ke laut;
- Jala - jala angkut untuk dikaitkan dengan Crane, bisa Crane Kapal atau Crane
milik Pelabuhan;
- Mobil Damtruck;
- Hook / wayer;
- Sling;
- Skop;apabila muatan terjatuh kemudian pecah atau berhamburan, harus
diskop dan dikumpulkan
Demikian Standar Operasional yang dilakukan oleh pihak PBM, seberlum kedatangan sarana pengangkut.
Mohon maaf bila masih banyak kekurangan di sana - sini, atas perhatiannya diucapkan terima kasih