Cara Membuat Database dengan HeidiSQL

Cara Membuat Database dengan HeidiSQL - Hi, apa kabar? semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Amin. Kali ini ada tulisan ringan cara membuat database dengan HeidiSql, aplikasi pengolah Database MySql. 

Aplikasi ini terbilang user friendly, ramah dan mudah dalam penggunaan. 

Aplikasi ini termasuk kategori apalikasi free, alias tidak berbayar. 

Aplikasi ini bisa membuat database, menambahkan tabel – tabel, mengisi data kedalam database, mengedit, menghapus dan masih banyak lagi. 

Syaratnya di PC anda sudah terpasang Mysql Versi Berapa saja, dan Mysql ODBC Connector. 

Kalau anda berminat, bisa diunduh disini, instalnya pun cukup mudah. Ok, tidak perlu berlama – lama begini screeshot tampilan depan Aplikasi HeidiSql.


Konfigurasi HeidiSql
Untuk menggunakan aplikasi HeidiSql anda perlu mengatur konfigurasi awalnya, berikut langkah – langkahnya.
1. Silahkan Buka HeidiSql anda.
2. Muncul jendela Session Manager, yang berisi tab yakni, Setting, SSL Option, dan  Statistic. Yang anda konfigurasi cukup tab Setting saja. Untuk lebih jelasnya, berikut menu dari tab Setting.




·     Network Type     : Terlihat ada pilihan disana, untuk user standalone tanpa terhubung dengan jaringan, sebaiknya pilihan yang baik Adalah MySql (TCP/IP);
·   Hostname / IP    : Standarnya adalah 127.0.0.1;silahkan anda sesuaikan dengan standar yang gunakan;boleh anda isi dengan 127.0.0.1;
·      User                     : Standarnya adalah Root, boleh anda isikan Root dikolom isian;
·      Password            : Untuk berjaga – jaga, baiknya anda kasih password;saya persilahkan anda isi sesuai keinginan anda;
·         Port                      : Standarnya 3306;kalau takut ada bentrok dengan aplikasi lain yang juga menggunakan port ini, anda boleh isi dengan port 3307, kalau masih belum juga bisa gunakan port 3308, dan seterusnya;
·         Databases           : Kosongkan saja;
·         Startup Script     : Kosongkan saja.

3. Setelah melewati konfigurasi awal, klik open, kalau setingan sudah benar, maka anda akan loncat ke halaman utama HeidiSql, yang berupa halaman seperti Windows Explorer kepunyaan Windows. 

4. Sebelum anda membuat databasenya, ada baiknya anda mengenali dulu dashboard HeidiSql ini. 

Dijendela sebelah kiri, ada tulisan MySql dan jendela sebelah kanan ada Tab, 127.0.0.1 dan Query, dan dibawahnya masih ada tab – tab lagi diantaranya : Databases, Variables, Status, Proccess, dan Command – Statistic.

Membuat Database Kosong
5. Untuk membuat database, arahkan mouse anda ke jendela sebelah kiri, klik kanan Mysql lalu pilih Create Database, beri nama Database, misalnya Surat_Jalan, klik ok. 

Sekarang anda sudah berhasil membuat Database Surat_Jalan yang barusan anda buat. Sederhana bukan?, orang awam seperti saya pun sudah langsung bisa membuatnya.

6. Database ini masih masih dalam keadaaan kosong, karena belum ditambahkan tabel – tabelnya. 

Kalau anda mau memindahkan, memindahkan disini bukan diangkut, tapi dikopi paste gitu, tabel – tabel dari Ms Acces ke MySql, selanjutnya bagaimana caranya menambahkan tabel kedalamnya?. 

7. Caranya klik kanan pada database Surat_Jalan, lalu create table, muncul tab – tab berikut :
·         Basic          : Tab Basic inilah tempat anda membuat tabelnya, disitu ada menu sebagai berikut :
1.   Name        : Beri nama Tablenya, sebagai contoh tabel Angkutan;
2.   Comments : Sebaiknya, dikosongkan saja;
3.   Columns    : Tabel Angkutan berisi data – data sebagai berikut :
                  
Name
Datatype
Length/Set
IdAngkutan
Char
10
Pengemudi
VarChar
20
Jenis
ENUM (‘Tronton’, ‘Trailer’, ‘Engkel’)

Phone
Char
12








Keterangan Kolom – kolom diatas :
1.   Kolom Name       : Untuk memberi nama field dari tabel, biasanya diawali dengan Kode Unik berhubung ini adalah tabel Angkutan, anda bisa memberi kode unik, misalnya Nomer Kendaraan; cari yang unik dari suatu benda, semua orang ada kode unik, mungkin No. KTP.

Kalau bakwan bang, apa kode uniknya?wah, makanan favorit ane tu, ane orang jadul, sukanya makanan yang jadul – jadul, yang kekinian ane gagal update, koq ente tau sih, yang jadi kesukaan ane, tu bakwan kalau dibelah dagingnya dalamnya putih, toge dan sayurannya nya langsung menyeruak keluar. 

dimakan ama cuka nya pempek kalau ga ama cabe rawit yang kecil merahnya sampe ngelentung?kalau ga siomay bandung yang sering nongkrong didepan sekolah ane, rasanya juara, ikannya terasa banget, sampe hari ini, kalu teringat, masih gw kecap – kecap rasanya yang khas itu, emezing lah. 

Tahu isi kalau ditempat saya, berisi campuran sayur seperti kol, toge, irisan wortel dan yang paling yahud, kalau adonan terigunya menyatu dengan sayuran, wow enak buanged, agak - agak kenyal gitu, trus disantap bersama cabe rawit, keretus dimulut.

Trus ada pempek yang enak sekali, rasanya selangit yang jual suka masih pake seragam sekolah. 

Dan tekwannya nonjok banget, maksud saya enaknya bener - bener tiada duanya, nagih trus.

Aneh, sampai hari ini ga ada lagi siomay dan pempek selezat waktu dulu ya, maksud saya yang rasanya persis seperti saya masih kecil dulu, es cingcau apalagi tu wow lezatnya. 

Di tempat saya sih, namanya es cingcau dari daun cingcau, entah tempat lain menyebutnya apa. 

Orang indonesia jaman itu kalau bebikinan makanan rasanya ga ada tandingannya, jenius – jenius kalau gw bilang mah, lanjutkan lagi, kasih field Nama Pengemudi, Field Jenis Angkutan, misal : tronton, trailer, engkel, damptruck, dan terakhir field Phone.

2. Kolom Datatype : Adalah jenis data dari Field Name, kalau ada huruf dan angka ya ambil VarChar aja deh,  tipe – tipe data ya, kalau isinya angka semua ya, tipe datanya integer, untuk tipe data di Database Mysql mungkin kita bahas pada tutorial berikutnya.

3. Kolom Length/Set : Panjang data field name misal kalau panjang nama seseorang itu paling banyak Maksimalnya 20, kita set 20. Jadi kalau namanya lebih dari 20 karakter, berarti namanya akan kepotong sebagian.

   Kalau sudah benar, klik ok. Untuk membuat tabel baru lakukan seperti langkah No. 7 begitu dan seterusnya.
                    
·         Options                : Ada menu Auto_Increment, untuk mengeset nomer urut secara otomatis;dan masih banyak menu – menu yang lain, maafin saya kalau belum sempat dijelaskan disini;

·     Indexes               : Untuk memberi kode unik di tabel angkutan, agar tidak terjadi pengulangan data yang sama, klik kana  Kode.

   Angkutan dan kasih tanda Primary Key;dan Uniqe Key, apabila data yang sama mau diinput lagi, muncul
peringatan Error;

·         Foreign Keys       : Tidak Aktif;

·         Create Code        : Setelah tabel dibuat, maka akan muncul kode SQL sebagai berikut :

CREATE TABLE `angkutan` (
`IdAngkutan` CHAR(10) NOT NULL DEFAULT '',
`Pengemudi` VARCHAR(20) NULL DEFAULT NULL,
`Jenis` ENUM('Tronton','Trailer','Engkel') NULL DEFAULT NULL,
`Phone` CHAR(12) NULL DEFAULT NULL,
PRIMARY KEY (`IdKendaraan`)
)
COLLATE='latin1_swedish_ci'
ENGINE=MyISAM;


Akhirnya selesai juga tulisan singkat tentang cara membuat database dengan HeidiSql. 

Tulisan ini masih banyak sekali kekurangan disana – sini, terutama kurangnya gambar – gambar pendukung, tidak apa – apa, nanti, saya akan coba memperbaikinya. 

Demikian tulisan ini saya buat, maafkan atas buruknya tata bahasa saya. Atas perhatiannya diucapkan terim kasih.

2 comments

Write comments