Mengenal Jenis – jenis Perusahaan yang Berkaitan dengan Kegiatan Ekspor Impor

Mengenal Jenis – jenis Perusahaan yang Berkaitan dengan Kegiatan Ekspor ImporHai, apa kabar kalian semua?baik – baik saja kan?

syukurlah kalau begitu. 

Kali ini saya mau membagikan sedikit tulisan tentang perusahaan – perusahaan yang berkecimpung di dunia pelabuhan, terutama kegiatan ekspor impor. 

Selama ini yang kita tahu, pelabuhan tu tempat untuk nurunin barang, bongkar muat selesai. 

Memang benar begitu, tapi kalau kita cermati secara seksama, pasti ada peran kerja dari perusahaan – perusahaan ini loh, mereka senantiasa professional karena dituntut kerja dengan cepat, tepat dan penuh perhitungan. Apalagi menghadapai cuaca yang kadang hujan, kadang ombak besar yang tidak kenal kompromi.

Gerimis sedikit saja, palka langsung tutup, kalau mendung sudah reda, buka lagi palka begitu terus untuk mengakali cuaca. Pelabuhan mungkin tempat terbuka, jadi segala hal bisa terjadi disini, mungkin suatu saat nanti pelabuhan kita seperti terminal yang di atasnya ada naungan atau atap, walaupun hujan atau angin sekali pun kegiatan bongkar muat bisa terus berjalan. Jadi perekonomian semakin jalan dan maju, amin.
Nah, kembali ke topik kita, perusahaan – perusahaan apa saja ya yang memiliki perang penting dalam menunjang kegiatan di pelabuhan?apa peran kerja mereka?yuk kita cari tahu, berikut perusahaan – perusahaan tersebut :
  1. PBM;atau yang disebut Perusahaan Bongkar Muat;perusahaan yang berkaitan dengan Bongkar Muat kapal, Tenaga Kerja Bongkar Muat dan Alat Bongkat Muat seperti Jala – jala, sekop;PBM ini bekerja apabila sudah ditunjuk oleh Agen Pelayaran melalui SPK Handling atau pun Surat Penunjukan;Mereka mempersiapkan segala yang dibutuhkan; 
  2.  
  3. Perusahaan Pelayaran;perusahaan yang mengurusi kapal tiba, kapal sandar, maupun kapal berangkat;segala hal keperluan awak kapal dan kapal;seperti kebutuhan air tawar, solar perpanjangan buku pelaut, sertifikat kapal dan masih banyak lagi.
  4. JPT;Jasa Pengurusan Transportasi;mereka mempersiapkan armada truk, armada yang dipersiapkan disesuaikan barang yang dimuatnya; kalau semisal Sapi maka truk didesain sedemikian rupa biasanya diatas bak truk dipasangkan jaring – jaring pengaman fungsinya untuk menjaga hewan ternak tidak loncat dari truk, karena begini hewan ternak rentan stress apabila dibawa dari kapal laut yang jarak tempuhnya ribuan mil dari indonesia, semisal dari New Zealanda atau pun Australia;dan begitu diturunkan dari kapal mereka diangkut lagi dengan truk, tentu mereka mengalami stress yang berkepanjangan;untuk barang curah semisal Bungkil, Soya Bean Meal (SBM) armada yang dipersiapkan adalah truk berjenis Dumptruck, yang baknya bisa diangkat dan harus selalu ditutupi terpal. Untuk Barang Curah Cair;semisal CPO,atau CPKO;dibutuhkan armada truk yang memiliki bak berbentuk tabung atau tangki, dengan kran besar dibelakangnya. Dan untuk muatan dengan jenis curah kering yang berbentuk karungan, armada yang dibutuhkan truk dengan bak terbuka.

  5. PPJK;Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabenan;perusahaan ini mengurusi perijinan atau Customs Clearance di Bea Cukai;segala hal yang berhubungan dengan kegiatan Ekspor Impor akan selalu berhubungan dengan instansi ini;Seperti pengurusan impor dokumen yang diperlukan adalah PIB (Pengurusan Impor Barang), Manifest yang berhubungan dengan kedatangan sarana pengangkut, Ekspor digunakan Dokumen PEB (Pengurusan Ekspor Barang). Biasanya PIB maupun PEB wajib dilengkapi DO, Packing List, Asuransi dan lain – lain.

Demikian tulisan singkat ini saya sampaikan, yang membahas tentang perusahaan – perusaaahan yang berkecimpung dengan kegiatan bongkar muat di pelabuhan. 

Dalam hal ini, apabila masih banyak kekurangan di sana – sini, saya mohon maaf sebesar – besarnya, tulisan ini dibuat berdasar pengalaman penulis juga dari pengalaman sesama pekerja di lapangan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.